Lihat Semua : infografis

Apakah Kita Butuh Vaksin Booster?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 3.227


Indonesiabaik.id - Apakah semua orang memerlukan vaksin booster? Melansir informasi dari laman covid19.go.id, ada tiga alasan menurut WHO yang membuat seseorang ingin mendapatkan dosis tambahan.

Apa Saja?

  1. Jika tubuh tidak merespons

Jika tubuh tidak merespons secara memadai (misalnya karena memiliki gangguan kekebalan) seperti seharusnya dari dua dosis pertama yang diterima. 

 

  1. Waktu kekebalan

Jika seiring waktu, kekebalan yang terbentuk mulai berkurang, memburuk, atau menurun.  Fakta yang ada, saat ini bukti menunjukkan vaksin bertahan dengan sangat baik untuk melindungi dari penyakit parah, rawat inap, atau bahkan kematian. 

 

  1. Kinerja vaksin

Jika kinerja vaksin kurang atau tidak memadai terhadap beberapa varian baru yang muncul.  Namun, fakta saat ini, vaksin COVID-19 mampu bertahan sangat baik dalam menghadapi spektrum penyakit yang parah dari varian-varian yang ada.

Prioritas Vaksin Booster

Fokus utama pemberian vaksin COVID-19 saat ini ditujukan untuk melindungi orang-orang yang belum terlindungi sama sekali oleh vaksin demi mengurangi penularan dan kemungkinan munculnya lebih banyak varian. 

WHO juga menilai, dibutuhkan lebih banyak penelitian lebih lanjut tentang manfaat pemberian dosis ketiga, apakah benar bisa meningkatkan respons imun. 



Infografis Terkait