Lihat Semua : infografis

Asyik! Belanja Sebelum Lebaran Dapat Subsidi Ongkir


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 299


indonesiabaik.id - Pemerintah telah menyiapkan subsidi ongkos kirim (ongkir) untuk program hari belanja nasional (Harbolnas) pada periode Ramadhan dan Lebaran 2021.

Kenapa Diberikan Subsidi?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut upaya penyaluran subsidi belanja daring ini menjadi salah satu stimulus untuk mendorong konsumsi masyarakat pada Ramadhan dan Lebaran.

Dalam hal ini, Pemerintah berkomitmen menjadikan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri tahun 2021 sebagai momentum untuk mengungkit ekonomi di kuartal II-2021, dengan tetap menjaga pengendalian pandemi COVID-19.

Subsidi Ongkos Kirim

Pemerintah telah menyediakan anggaran mencapai Rp500 miliar untuk subsidi ongkir belanja secara daring. Pemberian subsidinya diberikan menjelang akhir Ramadan.

"Pemerintah mendorong hari belanja nasional, yang hari belanja nasional h-10 dan h-15 untuk produk nasional dan pemerintah akan mensubsidi ongkir," ungkap Airlangga dalam konferensi pers, Rabu (7/4).

Subsidi ongkir hanya berlaku untuk belanja dengan sistem daring dengan penjualan produk nasional oleh UMKM. Dalam pemberian stimulus ini, Pemerintah bekerjasama dengan Asosiasi, Platform Digital, Pelaku UMKM, Produsen Lokal, dan para Pelaku Logistik Lokal.



Infografis Terkait