Lihat Semua : infografis

Bahaya Asap Rokok Bagi Anak


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Nurhalimah Syafira /   View : 309


indonesiabaik.id - Kondisi kawasan tanpa rokok perlu diupayakan bersama, hal ini karena dampak asap rokok amat berbahaya, terutama bagi anak kecil.

Kenapa Merokok Tidak Boleh Dekat Anak Kecil?

Kementerian Kesehatan menyebut, tidak ada batas kadar pajanan asap rokok dan residu rokok yang aman bagi anak.

Bagi kesehatan anak, paparan asap rokok bagi anak sangat berbahaya, sebab sistem imun anak dan bayi masih belum sempurna.

Selain berbahaya untuk kesehatan anak, asap rokok juga dapat mengganggu tumbuh kembang. Sebab, sedikit saja dapat merusak paru-parunya yang sedang berkembang.

Karenanya, usahakan sebisa mungkin untuk bisa menjauhkan anak kecil dari asap rokok. Kurangi kebiasaan yang erat hubungannya dengan asap rokok, misalkan saja melarang tamu merokok saat di rumah, melarang anggota keluarga merokok saat di mobil maupun ruang rumah.

Masalah Kesehatan Pada Anak Akibat Pajanan Asap Rokok

Beberapa masalah kesehatan dapat dialami anak akibat paparan asap rokok, seperti iritasi mata, alergi, asma, bronkitis kronis maupun akut, infeksi meningitis, infeksi telinga tengah, pneumonia, limfoma, leukimia, hingga sindrom kematian bayi mendadak.

Tidak hanya itu, bahaya asap rokok ini tidak hanya berbahaya bagi anak-anak saja, tetapi juga janin di dalam kandungan ibu seorang perokok.

Pasalnya, anak-anak dan bayi dalam kandungan dapat mengalami gangguan kesehatan serius, jika mengabaikan bahaya yang ditimbulkan dari asap rokok.



Infografis Terkait