Banjir Rugikan Masyarakat

Banjir Rugikan Masyarakat

Abror Fauzi, Septian Agam

7 months ago

Indonesiabaik.id - Banjir merupakan bencana alam yang paling sering terjadi saat musim hujan tiba. Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat ada 729 kejadian akibat musibah Banjir sepanjang tahun 2017. Lebih banyak dibanding bencana Tanah longsor sebanyak 573 serta Banjir dan Tanah longsor sebanyak 69 kejadian.

Bila dibandingkan dengan Tanah longsor, Banjir dan Tanah longsor, bencana banjir juga tercatat masih yang terbanyak menyebabkan kerugian korban jiwa, kerusakan rumah dan fasilitas umum.

Kerugian yang disebabkan banjir yang menimbulkan jatuhnya korban jiwa, terhitung ada 68 korban yang meninggal dan hilang, 91 orang yang mengalami luka-luka dan sekitar 2 juta orang yang menderita dan mengungsi akibat banjir.

Untuk kerusakan rumah dan fasilitas umum, terdapat 1,175 unit rumah rusak berat, 204 unit mengalami rusak sedang, 1,055 rusak ringan dan lebih dari 3 ribu rumah terendam banjir. Kerusakan fasilitas kesehatan sebanyak 79 unit, fasilitas peribadatan 387 unit dan fasilitas pendidikan yang terbesar yakni 559 unit.



    Tag :
  • banjir
  • longsor
  • bnpb
  • bencana alam
  • fasilitas

Infografis Terkait