Lihat Semua : infografis

Belum Dapat Bantuan Subsidi Upah?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 12.181


Indonesiabaik.id    -    Kementerian Ketenagakerjaan masih terus memberikan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada karyawan bergaji di bawah Rp 5 juta dan terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 Bagaimana Jika Terdaftar Tapi Belum Menerima Bantuan?

Pekerja yang merasa berhak mendapatkan bantuan subsidi gaji namun belum menerima, untuk dapat segera melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan agar data pekerja yang kurang dapat diperbaiki.

Sementara itu, Kemenaker juga menyediakan posko pengaduan terkait BSU secara online. Pengaduan tersebut dapat diakses melalui laman kemnaker.go.id, dengan memilih "Pusat Bantuan". Berikut cara menyampaikan adukan soal BLT subsidi gaji:

  1. Akses laman https://bantuan.kemnaker.go.id/support/home

  2. Pilih Menu Pengaduan, klim "Buat Pengaduan", lalu login dengan akun masing-masing

  3. Jika belum memiliki akun, maka silakan mendaftar terlebih dahulu dengan klik "Daftar Sekarang"

  4. Isi data yang diminta dengan benar, seperti nomor KTP, nama bapak atau ibu kandung, alamat e-mail, nomor handphone, dan password 

  5. Klik "Daftar Sekarang", kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui nomor handphone yang didaftarkan.

Setelah selesai, nantinya akan diarahkan ke halaman yang berisi formulir pembuatan laporan dan diharuskan mengisi beberapa data yang diperlukan, seperti perihal, subjek, dan isi laporan. Langkahnya yaitu:

  1. Pekerja yang ingin membuat aduan terkait BSU, maka dapat memilih kategori dalam kolom perilah dengan " Bantuan Subsidi Upah (BSU)

  2. Isi judul yang sesuai dengan permasalahan, seperti belum menerima BSU

  3. Pada kolom "Isi Laporan", tulis secara rinci masalah yang dihadapi. Anda dapat menyertakan keterangan lengkap terkait syarat-syarat mendapatkan BSU telah dipenuhi. Jika memang ada file yang ingin ditambahkan, maka dapat melampirkannya dengan menu yang tersedia

  4. Apabila seluruhnya telah diisi dengan lengkap dan benar, klik "Mengajukan"

  5. Pekerja dapat memantau perkembangan pengajuan aduan pada menu "Aduan Saya" di bagian atas website.



Infografis Terkait