Lihat Semua : infografis

Bendungan Karalloe Diresmikan!


Dipublikasikan pada 5 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 456


Indonesiabaik.id - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Selasa (23/11). Peresmian bendungan itu masuk rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Sulawesi Selatan.

Sekilas Bendungan Karalloe

Bendungan Karalloe adalah bendungan yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, di kabupaten/kota Gowa. Bendungan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 39.3M³ dan diharapkan dapat mengairi lahan seluas 7004 Ha, mengurangi debit banjir sebesar 610 M³/detik, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,40 M³/detik, dan menghasilkan listrik sebesar 5,00 MW.

Bendungan Karalloe memiliki luas genangan 248,50 hektar dengan maanfaat sumber air baku 0,40 meter kubik/detik, pembangkit listrik 4,5 MW, dan pengendali banjir sebesar 49 meter kubik/detik.

Jumlah Bendungan 2021

Bendungan Karalloe adalah bendungan kesembilan yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2021. Sebelumnya, delapan bendungan, termasuk Bendungan Passeloreng di Kabupaten Wajo pada September lalu telah diresmikan.

Sebelum Bendungan Karalloe, Jokowi telah meresmikan delapan bendungan tahun ini. Di antaranya yakni Bendungan Tukul (Jawa Timur), Bendungan Tapin (Kalimantan Selatan), Bendungan Napun Gete (NTT), Bendungan Sindang Heula (Banten), Bendungan Kuningan (Jawa Barat), Bendungan Way Sekampung (Lampung), Bendungan Bendo (Jawa Timur) dan Bendungan Passeloreng (Sulsel).



Infografis Terkait