Lihat Semua : infografis

Bersiap Membangun Ibu Kota Negara Baru


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 580


Indonesiabaik.id - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengatakan, anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru untuk tahun 2021 sudah disiapkan.

Anggaran Ibu Kota Negara

Anggaran tersebar di beberapa kementerian/lembaga. Di luar kementerian, pemerintah pun sudah menyiapkan anggaran belanja project development fund (PDF). Secara total, jumlahnya mencapai Rp 1,7 triliun di tahun 2021.

Tercatat,  beberapa k/l yang mengalokasikan dana untuk mempersiapkan pemindahan ibu kota, antara lain Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dengan jumlahnya sebesar Rp800 miliar.

Sementara, alokasi dana untuk pemindahan ibu kota juga masuk di non k/l. Hal ini diberikan lewat skema project development fund (PDF) sebesar Rp900 miliar.

Groundbeaking Ibu Kota Negara

Di sisi lain, Pemerintah sudah menetapkan dua lokasi titik awal ground breaking untuk ibu kota negara negara (IKN) baru. Tapi dalam pengerjaannya masih menunggu dari hasil Undang-Undang IKN yang akan disahkan oleh DPR RI.

Pertama di pertemuan Jalan Tol Lingkar Kawasan Inti dan Jalan Provinsi Semoi/Sepaku. Kedua di titik sekitar Istana Negara tetapi saat ini sedang didalami kira - kira mana yang cocok.

Untuk kepastian kapan groundbreaking akan dilaksanakan, bergantung pada terbitnya Undang-Undang Ibu Kota Negara yang diperkirakan akan selesai pada Agustus 2021 mendatang.



Infografis Terkait