Lihat Semua : infografis

Biar Password Gak Mudah Dibobol Hacker


Dipublikasikan pada 4 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 993


Indonesiabaik.id — Membuat password atau kata sandi yang rumit dan tidak mudah ditebak menjadi kunci penting melindungi diri dari kemungkinan buruk peretasan oleh orang tak bertanggung jawab.

Kesalahan Membuat Password 

Kadangkala, tiap akun media sosial memuat data pribadi kepemilikan akun yang harus dilindungi, misal seperti foto pribadi, percakapan antar pengguna, dan sebagainya. Karenanya, password berguna untuk melindungi data pribadi.

Saat membuat password, kadang kita hanya ingin yang mudah dihapal saja–apalagi jika memiliki banyak akun. Lalu untuk membuatnya mudah dihapalkan, kesalahan kita adalah membuat password yang mengandung unsur nama keluarga, hobi, atau pola sederhana lainnya. Password ini memang mudah diingat, tetapi kurang aman.

Contoh lain, ketika membuat password kita hanya ingin cepat dan mudah saja. Kesalahannya, membuat password dengan urutan nomor yang mudak ditebak, atau dengan huruf yang berurutan sesuai abjad. Password semacam ini mudah menulisnya, namun kurang aman.

Password yang Aman

Untuk menjamin password yang aman, kamu bisa membuatnya dengan kombinasi dari berbagai karakter, angka, huruf, dan simbol. Karakter huruf untuk membuat password bisa diisi dengan kombinasi huruf kecil dan kapital. 

Lalu, ketika membuat password, sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan kata umum, seperti istilah yang menyangkut dengan identitas pengguna, misal nama, tempat bekerja, organisasi, dan sebagainya. Karena, kemungkinan untuk bisa diretas sangat mudah dengan mencari info tersebut di timeline atau profil sosial mediamu. Yang tidak kalah penting, hindari menggunakan susunan password yang sama dengan di tiap akun ya!



Infografis Terkait