Lihat Semua : infografis

Bisakah Sepak Bola Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024?


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 13.215


indonesiabaik.id - Tim sepak bola Indonesia berpeluang melaju ke Olimpiade setelah berhasil lolos fase gugur Piala Asia U-23. Seperti diketahui, kompetisi ini merupakan turnamen kualifikasi Olimpiade, di mana 3 tim terbaik akan lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024.

Sebagai informasi, Terakhir kali dan satu-satunya sejarah Indonesia berlaga di Olimpiade adalah pada Olimpiade Melbourne 1956. Saat itu Indonesia lolos langsung ke perempat final setelah calon lawannya, Vietnam Selatan mengundurkan diri. 

Pada pertandingan selanjutnya, tepatnya 29 November 1956, Indonesia tampil apik dengan memberikan perlawanan sengit dengan berhasil menahan imbang 0-0 tim kuat Uni Soviet. Hasil ini memaksa adanya pertandingan ulang pada 1 Desember 1956. Uni Soviet menaklukkan Indonesia dengan skor mencolok 4-0 dan akhirnya melenggang ke babak final dan meraih medali emas.

Namun, kali ini jalan terjal harus ditempuh Garuda Muda dengan melawan Korea Selatan U-23 di babak 8 besar malam nanti, Jumat (26 April 2024) dini hari pukul 00.30 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. 

Roadmap Cara Timnas Sepak Bola Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris

Timnas Indonesia U-23 saat ini menjejakkan kaki di babak perempat final. Itu artinya, Garuda Muda tinggal berjarak dua langkah lagi untuk menggenggam tiket ke Olimpiade Paris. 

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan sejumlah cara. Nah, cara yang paling dekat adalah dengan memenangkan laga perempat final dan semifinal alias maju ke final.

Nanti, tepatnya Kamis malam di Qatar, atau tengah malam waktu Jakarta, Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di babak perempat final. Jika menang, Indonesia akan melaju ke semifinal, dan di sinilah persaingan menuju Olimpiade Paris 2024 dimulai.

Jika menang di semifinal, Indonesia auto lolos ke Olimpiade sekaligus akan bermain di partai final Piala Asia U-23. Apabila kalah, masih ada peluang menjadi peringkat 3 Piala Asia dan ikut lolos ke Paris.

Gimana kalau Indonesia ternyata finish di peringkat 4 Piala Asia U-23? Artinya harus melakoni laga kualifikasi antar konfederasi, melawan peringkat 4 Piala Afrika U-23, Guinea.

Yuk! Semangat Berjuang Garuda Muda



Infografis Terkait