Lihat Semua : infografis

Cara Aman Beli Set Top Box (STB)


Dipublikasikan pada 10 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 15.114


indonesiabaik.id - Bagi masyarakat yang masih menggunakan TV analog, agar tetap bisa menerima siaran digital, maka TV harus diberi perangkat Set Top Box (STB).

Apa Kegunaan STB?

Sebelum itu, masyarakat harus mengecek terlebih dulu apakah TV yang ada sudah siap menerima siaran digital atau tidak. Apabila sudah siap, otomatis siaran langsung diterima. Namun, jika belum maka hanya perlu membeli perangkat tambahan bernama Set Top Box (STB).

Sebutan STB sepertinya belum terlalu familiar didengar oleh sebagian penduduk Indonesia. STB disebut juga dekoder, dan beberapa kalangan juga ada yang menyebut sebagai receiver dan converter.

Gunanya STB adalah sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Tak perlu parabola khusus dalam menerima sinyal digital, namun hanya cukup dengan antena televisi UHF-VHF.

Tips Memilih STB

Saat ini, STB sudah banyak tersedia di pasaran, baik toko offline maupun online. STB yang ditawarkan memiliki spesifikasi, body dan kegunaan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Sebelum membeli, pastikan untuk mengetahui tipsnya sebagai berikut:

  • Cari yang sudah bersertifikat dari Kominfo

Sertifikasi ini diklaim sebagai upaya perlindungan pemerintah terhadap masyarakat. Sertifikat juga memberikan jaminan bahwa STB bisa digunakan dan semua fitur siaran digital bisa berfungsi optimal.

  • Cari tanda khusus

Menurut Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal PPI, Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, ketika memilih STB, selalu cari yang ada tulisan DVB-T2 di kemasannya atau cari saja yang ada tulisan Siap Digital. Dan langkah paling mudah dengan melihat kemasan apakah ada tambahan gambar MODI. Disebutnya, jika ada tulisan itu sudah dipastikan aman.

  • Sesuaikan kebutuhan

Setiap merek STB memiliki kisaran harga yang sesuai dengan keunggulannya dan tambahan fitur lain. Alangkah baiknya, sesuaikan kebutuhan dengan spesifikasi dari masing-masing STB.

  • Cari review

Sebelum membeli STB, ada baiknya mencari tahu mengenai model yang ditaksir untuk memahami kelebihan dan kekurangan termasuk fitur-fiturnya.



Infografis Terkait