Lihat Semua : infografis

CARA Bedakan Masker Medis Asli dan Palsu


Dipublikasikan pada 13 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 217


Indonesiabaik.id - Penggunaan masker medis kini menjadi kebutuhan sehari-hari saat pandemi. Seiring dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan terhadap masker, di pasaran ditemukan pula masker-masker palsu dengan harga yang bersaing.

Cara Bedakan Masker Asli dan Palsu

Masker medis asli ialah yang memiliki nomor izin edar dari Kementerian Kesehatan. Sementara itu, masker palsu yaitu tidak memiliki nomor izin edar dari Kemenkes, tetapi diklaim sebagai masker medis. Biasanya izin edar tertera pada kemasan.

Selain itu, untuk membedakan masker asli dan masker yang palsu bisa dilihat dari teksturnya. Pada masker palsu, kotak atau kemasan biasanya lebih buram dan biasanya tali masker lebih gampang putus. Sedangkan, masker medis asli biasanya berbahan material non-woven spunbond, meltblown, spunbond (SMS), serta spunbond, meltblown, meltblown, spunbond (SMMS). Masker tersebut digunakan sekali pakai dengan tiga lapisan.

Terakhir, untuk mengecek suatu masker asli atau palsu, masker perlu ditetesi air. Masker bedah, tidak hanya melindungi orang lain dari batuk dan bersin Anda, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap orang lain. Karena itu, lapisan luarnya didesain tahan air. Lipat masker sehingga bagian luarnya membentuk corong. Kemudian tuangkan air ke dalamnya. Jika masker tersebut asli maka, masker akan menahan air.



Infografis Terkait