Lihat Semua : infografis

Cara Buat Simpul Masker Agar Lebih Rapat


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 10.108


Indonesiabaik.id - Penggunaan masker menjadi wajib saat pandemi Covid-19. Namun, kini seperti dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS) mengajurkan, penggunaan masker dua lapis guna mencegah paparan virus Covid-19.

Bagi yang tak ingin memakai masker ganda, ada metode lain yang bisa meningkatkan filtrasi masker medis. 

Gimana Caranya?

Merujuk laporan studi CDC di dalam pedoman resmi, mengikat loop atau tali di bagian telinga bisa membuat masker medis yang dipakai lebih rapat sehingga tidak ada ruang masuk udara, di sisi-sisi wajah.

Cara ini juga sama efektifnya dengan menggunakan masker dua lapis dengan catatatan tidak ruang atau udara yang masuk dari sisi-sisi wajah. Caranya adalah:

  1. Ikat tali masker sedekat mungkin dengan ujung masker
  2. Selipkan ujung masker ke arah dalam
  3. Pastikan tidak ada rongga ketika dipakai.

Periksa masker sudah terpasang dengan baik atau belum

  • Periksa celah dengan menangkupkan tangan di sekitar tepi luar masker. Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area dekat mata atau dari sisi masker.
  • Jika maskernya pas, akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin bisa melihat bahan masker bergerak masuk dan keluar saat bernapas.


Infografis Terkait