Lihat Semua : infografis

Cara Tanda Tangan yang Benar di E-Meterai


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 7.169


Indonesiabaik.id - Dalam seleksi CASN 2023, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengharuskan peserta menggunakan meterai elektronik atau e-meterai. Namun, berbeda dari meterai tempel biasa, e-meterai tidak ditandatangani di atas ataupun langsung menempel ke meterainya.

Cara Penandatanganan dengan E-meterai

Bagaimana cara menandatangani e-meterai yang benar? Cara penggunaan e-meterai berbeda dengan meterai tempel. Jika pada dokumen fisik tanda tangan harus menyentuh bagian atas meterai tempel, pada meterai elektronik tidak disarankan dilakukan tumpang tindih.

Karena itu, penggunaan e-meterai dan tanda tangan digital, sebaiknya diposisikan secara berdampingan. Hal ini karena meterai elektronik dibuat berupa QR code tidak seperti meterai tempel. Selain itu, tanda tangan bisa dibubuhkan di sebelah kanan e-meterai.

Kemudian, dokumen yang diberi e-meterai harus berukuran di bawah 900 Kb. Dokumen yang telah diberi e-meterai juga tidak boleh diubah atau kompres ukurannya. Selain itu, akun pembelian e-meterai tidak boleh dibagi dengan orang lain. Pendaftaran ataupun pembubuhan meterai sebaiknya tidak dilakukan menggunakan handphone.



Infografis Terkait