Lihat Semua : infografis

Cek Tagihan Listrik dengan Aplikasi PLN Mobile


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 27.689


Indonesiabaik.id   -   Beberapa hari terakhir, banyak masyarakat yang mengeluhkan tagihan listrik PLN yang membengkak. Di media sosial beredar, kalau pelanggan PLN merasa kalau tarif listrik naik, terutama mereka yang masuk kategori pelanggan non-subsidi.

Besaran Tarif Listrik

Seperti diketahui penetapan tarif listrik PLN dilakukan 3 bulan sekali oleh pemerintah. Untuk tarif April hingga saat ini dinyatakan tetap, yakni sama dengan periode 3 bulan sebelumnya. Berikut tarif listrik terbaru PLN berdasarkan tegangan per triwulan II/ 2020: 

  1. Tegangan rendah Rp 1.467/kWh 

  2. R-1/900 VA RTM Rp 1.352/kWh 

  3. Tegangan menengah Rp 1.115/kWh 

  4. Tegangan tinggi Rp 997/kWh

Bagaimana memastikan bahwa tagihan sudah sesuai dengan pemakaian daya listrik? Konsumen bisa mengecek secara mandiri penggunaan listrik bulanannya melalui aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN, ataupun website pln.co.id.

Cek Tagihan Listrik di PLN Mobile

  1. Download aplikasi PLN Mobile di Google Play Store.

  2. Setelah diinstal, login akun kamu di aplikasi. Jika belum punya akun, bisa pilih "Daftar". Kamu harus isi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.

  3. Selanjutnya, pilih tab "Informasi" di halaman depan aplikasi PLN Mobile, lalu ketuk "Informasi Tagihan dan Token Listrik".

  4. Di halaman "Informasi Tagihan dan Token Listrik", tertera grafik naik-turun yang memperlihatkan pemakaian dan jumlah tagian listrik kamu. Garis hijau menunjukan jumlah tagihan dalam rupiah, lalu garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.

  5. Dari data yang tersedia di aplikasi tersebut, kamu bisa hitung besaran tagihan, apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang digunakan atau tidak.



Infografis Terkait