Lihat Semua : infografis

Cek Tingkat Renta pada Lansia Sebelum Vaksinasi


Dipublikasikan pada one year ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 694


Indonesiabaik.id - Vaksinasi corona tahap dua diprioritaskan untuk kelompok lansia atau yang berusia di atas 60 tahun. Namun, ternyata tidak semua lansia pasti bisa dan aman menerima suntikan vaksin. Ada beberapa faktor yang bisa menentukan apakah lansia boleh atau tidak menerima vaksin COVID-19. 

Cek Tingkat Renta pada Lansia 

Cek tingkat renta dilakukan untuk mengetahui tingkat kerentaan atau kerapuhan lansia. Tes ini dilakukan sebelum lansia mendapat vaksin. Tes ini dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait tanda kerentaan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:

  1. Apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga?
  2. Apakah sering merasa kelelahan?
  3. Apakah memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)?
  4. Apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 -200 meter?
  5. Apakah mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir?

Jika ada tiga atau lebih yang dijawab ‘iya’ oleh calon penerima vaksin lansia, maka vaksin tidak dapat diberikan. Demi lancarnya proses ini, kepada calon penerima vaksinasi diharapkan memberikan keterangan sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Selain skrining kerentaan, lansia juga harus melewati skrining kondisi umum yakni suhu maksimal 37,5 dan tekanan darah di bawah 180/100 mmHg, skrining riwayat kontak dengan pasien Covid-19, serta skrining penyakit penyerta.



Infografis Terkait