Lihat Semua : infografis

Cerdas & Bijak Kelola THR


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 1.152


Indonesiabaik.id - Menjelang libur hari raya Idul Fitri, bukan hanya mudik ke kampung halaman dan bisa bertemu keluarga yang biasanya ditunggu-tunggu. Turunnya tunjangan hari raya atau uang THR juga menjadi hal yang tidak kalah ditunggu-tunggu. Pada umumnya yakni sebesar satu kali upah bulanan yang mencakup gaji pokok dan tunjangan tetap.

Jumlah ini tentu saja merupakan nominal yang cukup besar untuk dapat memenuhi kebutuhan hari raya Anda dan keluarga. Namun, jika Anda salah mengalokasikannya, hal tersebut justru akan menyebabkan uang Anda menjadi defisit dan Anda justru akan merasa kesulitan menjalani hari setelah hari raya usai. Bagaimana trik cerdas dan bijak mengelola THR Anda?

Pisahkan sekitar 10-20% uang THR Anda untuk dana tabungan. Sebaiknya Anda melakukan pemisahan tepat sebelum Anda menggunakan uang THR Anda. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari godaan menggunakan uang tersebut, termasuk untuk menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan kebutuhan hari raya.

Kebutuhan hari raya ini mencakup kebutuhan untuk membeli pakaian baru, perlengkapan ibadah, serta membayarkan zakat. Sebaiknya Anda memisahkan terlebih dahulu uang THR yang akan Anda gunakan untuk membayar zakat. Sebab besaran uang untuk membayar zakat sudah dapat ditentukan dan sesuai dengan kewajiban Anda.

Selain hal tersebut, kebutuhan untuk membeli tiket mudik dan THR untuk saudara-saudara di kampung juga dapat menggunakan uang THR yang Anda dapatkan. Hal yang tidak kalah penting adalah mengalokasikan uang THR Anda untuk melunasi utang yang Anda miliki. Bisa juga alokasikan sekitar 10% uang THR yang Anda dapatkan untuk diputar kembali sebagai dana investasi.



Infografis Terkait