Lihat Semua : infografis

Daftar ASN Pake Calo?


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Chyntia Devina /   View : 197


indonesiabaik.id - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap praktik percaloan dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Kenali Modus Pencaloan

Jika ada oknum yang menjanjikan seseorang dapat lolos tanpa tes, gaji fantastis hingga meminta sejumlah uang sebagai kompensasi ataupun jaminan, maka dapat dipastikan itu praktik percaloan. Kewaspadaan perlu ditingkatkan terhadap segala jenis modus yang ditawarkan. Salah satu modus penipuan yang paling marak ialah penerbitan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS palsu.

Percaya dengan Kemampuan

Ingat ya SohIB, tidak ada seorang pun yang dapat meloloskan peserta menjadi ASN sekalipun dengan jaminan uang. Yakin dengan kemampuanmu sendiri dan rajin mengecek kebenaran berita yang beredar kepada sumber terpercaya, seperti website atau sosial media Kementerian PANRB dan BKN.

Proses Seleksi Ketat

Yang perlu diperhatikan bahwa pelaksanaan seleksi CASN 2021 hanya menggunakan satu portal pendaftaran yaitu Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN. Proses seleksinya transparan dan akuntabel dengan sistem computer assisted test (CAT). Selain itu, hasil nilai bisa diketahui secara langsung setelah melaksanakan tes. Untuk lebih mencegah tindakan percaloan, Pemerintah bahkan telah menghadirkan sistem face recognition, yang berguna mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian.

Pemerintah akan segera membuka pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS untuk Sekolah Kedinasan pada April 2021. Sebanyak 1,3 juta formasi akan tersedia bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).



Infografis Terkait