Lihat Semua : infografis

Dampak Ekonomi Presidensi G20 pada Indonesia


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Edy Pang /   View : 6.426


indonesiabaik.id - Indonesia secara resmi menggelar Presidensi G20 sepanjang tahun 2022 ini. Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah atau presidensi kali ini adalah yang pertama sejak menjadi anggota G20 yang dibentuk di tahun 1999.

Manfaat Ekonomi G20

Ribuan delegasi dari negara-negara anggota G20 dan tamu undangan akan hadir secara berkala pada pertemuan-pertemuan di berbagai kota di Indonesia. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan secara ekonomi bagi Indonesia?

Berikut ini beberapa hal yang menjadi manfaat gelaran G20 tahun 2022:

  • Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, gelaran G20 akan menciptakan kontribusi US$ 533 juta atau sekitar Rp7,4 triliun pada PDB Indonesia.

  • Peningkatan konsumsi domestik hingga Rp1,7 triliun.

  • Dari sisi pariwisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut gelaran G20 akan berkontribusi terhadap proyeksi peningkatan wisatawan mancanegara hingga 1,8 juta – 3,6 juta dan juga 600 ribu – 700 ribu lapangan kerja baru ditopang kinerja bagus sektor kuliner, fashion, dan kriya.

  • Rangkaian kegiatan G20 di Indonesia akan melibatkan UMKM dan menyerap tenaga kerja sekitar 33.000 orang.

  • Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Presidensi G20 juga akan mendorong investasi pada UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara-negara G20.

  • Momentum menunjukkan keberhasilan reformasi struktural, antara lain dengan UU Cipta Kerja, untuk meningkatkan kepercayaan investor global.

  • Indonesia akan berperan dalam mendesain kebijakan pemulihan ekonomi dunia. Bila perekonomian dunia membaik, maka kita akan menerima dampak positifnya, salah satunya ekspor yang akan tumbuh tinggi.

 

Informasi selengkapnya bisa SohIB pelajari unduh di tautan linktr.ee/G20pedia



Infografis Terkait