Lihat Semua : infografis

Dukung Sesama Perempuan Mewujudkan Mimpinya


Dipublikasikan pada 27 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 201


indonesiabaik.id - Meskipun pria dan wanita saling melengkapi, namun perempuan dapat berkembang dalam hubungan yang kuat dengan dukungan sesama perempuan.

Perempuan Punya Potensi Besar

Pemerintah secara tegas berkomitmen untuk dapat memenuhi dan menjamin adanya kesetaraan gender bagi laki-laki maupun perempuan.

Baik laki-laki dan perempuan memiliki potensi dan kesempatan yang sama untuk berperan mengisi pembangunan dengan keahlian masing-masing.

Menurut Kementerian PPP, konstruksi sosial dan sistem patriarki yang masih dominan di sebagian masyarakat masih dianggap menghambat akses kaum perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

"Kebiasaan" Perempuan

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Development and Learning in Organisations, sebesar 70% pekerja perempuan merasa dirundungi oleh perempuan lain di kantor mereka, dan akibatnya perkembangan karier mereka jalan di tempat.

Hal ini erat hubungannya dalam konteks kehidupan sehari-hari, tanpa disadari, sesama perempuan justru membentuk sebuah ‘kebiasaan’ tersirat yang menjatuhkan sesamanya.

Bisa terlihat dari kebiasaan bergunjing tentang seseorang yang tidak dikenal, ejekan yang terselubung lewat candaan, menghakimi tanpa mengetahui permasalahan, hingga membuat perempuan ragu agar membatasi potensinya. Kebiasaan ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya dan memiliki dampak negatif, untuk itu perlu mengubahnya menjadi hal positif, yaitu saling mendukung sesama perempuan.

Saling Mendukung Sesama Perempuan

Tanpa ataupun sengaja disadari, support system sesama perempuan memegang peranan besar dalam pemberdayaan perempuan.

Prinsipnya, semua harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Saling bergandengan tangan, bukan saling menjatuhkan. Yang perlu diingat bahwa dengan mendukung perempuan yang berhasil, bukanlah berarti mengakui kegagalan kita. Cobalah mengutamakan kerjasama daripada kecemburuan. Tunjukkan empati dan kemurahan hati sesama perempuan.

Membangun lingkaran kekuatan di antara perempuan juga perlu dilakukan sebagai wadah berbagi segala macam perasaan, ide, kreativitas sesama perempuan.

Ubahlah sikap menyalahkan sesama perempuan, namun justru yang harus dipupuk adalah rasa saling menguatkan. Dan terpenting, menghentikan perilaku yang menciptakan keraguan, yang akan menghalangi dan membatasi potensi perempuan.



Infografis Terkait