E-Commerce dan Startup Indonesia Primadona ASEAN

E-Commerce dan Startup Indonesia Primadona ASEAN

Siap Bangun Negara, Mas Bon

3 months ago

Indonesiabaik.id - Menperin RI Airlangga Hartarto, menilai Indonesia sudah siap mengarah kepada industri berbasis digital karena negara-negara lain di dunia juga banyak yang mengimplementasikan. Pasalnya Indonesia telah ada beberapa startup unggulan dan punya pasar yang sangat besar, terbesar di ASEAN untuk pasar startup.

Data yang diperoleh Kementerian Perindustrian, peluang pengembangan ekonomi digital di Indonesia ke depannya, antara lain adanya bonus demografi. Pada tahun 2030, jumlah penduduk usia produktif diperkirakan di atas 60 persen, dengan kontribusi sebesar 27 persen di antaranya adalah generasi muda yang berpotensi menjadi wirausaha industri baru.

Selanjutnya, terjadi peningkatan jumlah kelas menengah. Sebanyak 135 juta penduduk diproyeksi akan memiliki penghasilan bersih di atas kisaran USD 3.600 tahun 2030 dan menjadi konsumen dominan e-commerce. Apalagi, seiring perkembangan gaya hidup digital, internet telah menjangkau 52,8 persen dari populasi Indonesia.

Ditambahkan dalam data startupranking, Indonesia kini memimpin daftar negara di Asia Tenggara (ASEAN) dengan jumlah startup terbanyak, yakni lebih dari tiga kali lipat ketimbang Singapura di peringkat kedua daftar tersebut. Artinya, pasar bisnis ekonomi digital di Indonesia khususnya e-commerce telah menjadi primadona.



    Tag :
  • e-commerce
  • startup
  • kementerian perindustrian
  • airlangga hartarto
  • bonus demografi

Infografis Terkait