Lihat Semua : infografis

F1 vs F1H2O


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 4.425


Indonesiabaik.id - Indonesia resmi ditetapkan menjadi tuan rumah ajang kejuaraan dunia perahu motor atau yang dikenal dengan F1 H2O, dimana Danau Toba akan menjadi lokasi gelaran bergengsi di ajang balap perahu motor yang akan diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023.

Lantas, Apa Bedanya F1 dengan F1H2O?

Jika Formula One (F1) adalah balap mobil tercepat dengan kelas tertinggi di darat, maka F1H20 adalah balap mobil tercepat di air.

Powerboat mengadopsi teknologi katamaran (berlunas ganda) dan terdapat rongga di bawah perahu (tunnel hull). Kecepatan Powerboat hingga 250 km per jam dan perahu motor tersebut sanggup mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam dua detik!

Ini dikarenakan Powerboat ditenagai mesin berformasi V8 berkekuatan 500 tenaga kuda (horse power). Lantaran kecepatannya mirip mobil F1, perahu-perahu untuk balapan air tadi dinamai Powerboat, dan dijuluki sebagai jet air tercepat di dunia.

Sedangkan, pada Formula 1 menggunakan mesin pembakaran konvensional, kecepatan maksimumnya mencapai sekitar 379 km/jam dengan kemampuan akselerasi 100 km/jam dalam 2,1 detik.

Menariknya, Indonesia belum pernah menjadi tuan rumah, tapi pernah memiliki pembalap F1 yakni Rio Haryanto. Sedangkan, Indonesia belum pernah memiliki pembalap F1H20, tapi dipastikan akan menjadi tuan rumah balap Februari nanti.



Infografis Terkait