Lihat Semua : infografis

Gelar Juara BWF World Championship, Indonesia Posisi ke-2


Dipublikasikan pada 8 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 4.622


Indonesiabaik.id - Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis atau BWF World Championship baru saja usai beberapa waktu lalu. Sejak digelar pada 1977, sudah ada 13 negara yang pernah merasakan juara BWF World Championship.

Gelar Juara BWF World Championship

Sejak dihelat pada 1977, Indonesia tercatat 23 kali meraih gelar juara BWF World Championship. Selain itu, dalam turnamen yang semula bernama IBF World Championship tersebut kontingen Merah-Putih 18 kali menjadi runner up (medali perak) dan 77 kali meraih medali perunggu.

Indonesia menjadi negara paling sukses nomor 2 di ajang BWF World Championship dengan total 77 medali. Gelar Indonesia ini secara rinci, enam gelar ditorekan Indonesia di kategori tunggal putra.

Sebanyak dua gelar diraih di kategori tunggal putri. Indonesia juga meraih 10 gelar juara di kategori ganda putra. Lalu, lima gelar juara di kategori ganda campuran.

Nah, jika melihat negara lain, China menjadi negara yang paling banyak memboyong gelar juara BWF World Championships. Negeri Panda mencatatkan 70 gelar juara sejak tahun 1977 hingga 2023. Secara rinci, China meraih 14 gelar juara tunggal putra. Sebanyak 15 gelar juara diraih China di kategori tunggal putri.

Ada pula 8 gelar juara yang didapatkan di kategori ganda putra. China juga mendapatkan 22 gelar juara BWF World Championships di kategori ganda putri. Sementara, 11 gelar juara BWF World Championships berhasil diraih di kategori ganda campuran.

Korea Selatan berada di urutan setelahnya dengan 13 gelar juara. Kemudian, Denmark mencatatkan gelar juara BWF World Championships sebanyak 12 kali. Jepang berhasil menorehkan gelar juara BWF World Championships sebanyak sembilan kali. Sementara, Spanyol, Inggris, dan Thailand sama-sama meraih tiga gelar juara.



Infografis Terkait