Lihat Semua : infografis

GISA, Layanan Informasi Lengkap Seputar Administrasi Kependudukan


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.573


Indonesiabaik.id   -   #Dirumahaja tapi mau urus layanan administrasi seperti KK ataupun KTP? Jangan panik ya SohIB. Kamu tetap bisa mengurus dokumen penting secara daring dan tak perlu bolak-balik ke kantor layanan kependudukan.

Sudah tahu belum SohIB?

Kementerian Dalam Negeri (Kememdagri) meluncurkan pemanfaatan teknologi bernama Gisa untuk layanan administrasi kependudukan (adminduk) via online.

Pemerintah mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19) khususnya layanan administrasi.

Aplikasi Gisa merupakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) berupa Chatbot (Chatterbot). Bagi yang ingin mengurus atau ingin menanyakan berbagai keperluan administrasi kependudukan, SohIB tinggal ngobrol saja dengan ‘Gisa AI Chatbot’ Dukcapil.

Informasi terkait pelayanan di Kantor Layanan Dukcapil, seperti prosedur pembuatan KTP dan KK, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran, informasi biaya, dan sebagainya, dapat diperoleh dari Gisa secara cepat dan akurat.

Pada dasarnya, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Terkadang saat melakukan pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kadaluarsa karena ada perubahan aturan.

Dengan layanan chatbot Gisa, masyarakat dapat bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan memberikan informasi akurat yang bersumber dari (Ditjen) Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Gisa itu sendiri diambil dari program Dukcapil, yaitu gerakan Indonesia Sadar Adminduk. Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Gisa terdapat di aplikasi android bernama AKUI yang bisa diunduh gratis melalui Google Playstore.



Infografis Terkait