Lihat Semua : infografis

Gunung Api dengan Letusan Terbanyak Sepanjang 2023


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 940


Indonesiabaik.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, terdapat 436 letusan atau erupsi gunung api di Indonesia sejak 1 Januari hingga 15 Desember 2023. Tercatat, jumlah letusan gunung api terbanyak terjadi di Gunung Anak Krakatau, Lampung. Totalnya mencapai 136 letusan.

Gunung Api dengan Letusan Terbanyak

Gunung Anak Krakatau menjadi gunung api yang paling banyak meletus sepanjang 2023 menurut MAGMA Indonesia. Hingga Rabu (20/12/2023), Gunung Anak Krakatau sudah mengalami erupsi sebanyak 139 kali.

Kemudian, Gunung Ili Lewotolok yang terletak di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menjadi gunung api kedua paling banyak mengeluarkan letusan sepanjang 2023. Tercatat, sudah 109 kali mengalami erupsi sepanjang 2023.

Selanjutnya, Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara juga banyak meletus di tahun 2023. Gunung Ibu mengeluarkan letusan sebanyak 61 kali dalam waktu satu tahun. Ada juga Gunung Semeru sudah meletus sebanyak 40 kali, yang membuat gunung ini menjadi gunung api ke-4 paling banyak mengeluarkan letusan.

Selama tahun 2023, Gunung Marapi meletus sebanyak 39 kali dan menjadikan gunung ini sebagai gunung api kelima yang paling banyak mengalami letusan. Dilanjutkan dengan Gunung Dukono di Maluku Utara telah mengalami letusan sebanyak 35 kali.

Kemudian, Gunung Kerinci di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, sudah 16 kali meletus. Sedangkan, Gunung Dempo di Sumatera Selatan dan Gunung Karangetang di Sulawesi Utara masing-masing mencatatkan tiga letusan dan dua letusan.



Infografis Terkait