Lihat Semua : infografis

Indonesia Punya Berapa Bendungan?


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 670


indonesiabaik.id - Bendungan sangat dibutuhkan untuk ketahanan air dan ketahanan pangan, terutama di kawasan lumbung pangan seperti Indonesia. 

Berapa jumlah bendungan di Indonesia?

Hingga sekarang, Indonesia terus membangun bendungan dengan berbagai fungsi, entah sebagai sumber air irigasi, air baku, energi listrik terbarukan, pengendalian banjir, konservasi air, dan pengembangan pariwisata. 

Melansir data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), total bendungan di Indonesia sebanyak 292 bendungan (berupa yang sudah beroperasi dan masih tahap pembangunan). 

Jika dilihat dari data, sebelum dan hingga 2015,di Indonesia ada sebanyak 231 bendungan. Setelah itu, Kementerian PUPR terus melanjutkan penyelesaian 61 bendungan pada 2015-2024 di berbagai wilayah Indonesia dalam rangka membangun ketahanan pangan dan ketahanan air nasional. 

Apakah bendungan di Indonesia sudah cukup?

Presiden Joko Widodo dalam sebuah kunjungan pernah menyampaikan dalam sambutannya, katanya, urusan air dan energi akan menjadi persoalan besar jika tidak disiapkan untuk dikelola dari sekarang. 

Presiden menyebutkan bahwa Indonesia memiliki sekitar 4.400 sungai, namun baru terdapat 292 bendungan dan jumlah tersebut jauh jika dibandingkan negara lain seperti RRT/China yang sudah memiliki 98 ribu bendungan dan Korea Selatan sebanyak 20 ribu bendungan. 

Dikatakan Presiden, jika di setiap Provinsi dan Kabupaten lain memiliki bendungan dengan kapasitas yang kurang lebih sama maka air yang ada akan bisa dikelola sehingga bermanfaat.



Infografis Terkait