Lihat Semua : infografis

Ingat Ya! Semua Vaksin Covid-19 di Indonesia GRATIS


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 3.572


Indonesiabaik.id - Semua jenis vaksin yang digunakan di Indonesia telah melalui serangkaian uji klinis, sehingga aman digunakan. Terpenting lagi, tidak ada pungutan biaya apapun bagi masyarakat yang ingin divaksin alias vaksin Covid-19 diberikan secara gratis.

Semua Vaksin Gratis!

Program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan pemerintah sejak Januari 2021 diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Apabila menemukan pihak-pihak yang meminta bayaran, segera laporkan ke Halo Kemkes 1500567 atau email ke pengaduan.itjen@kemkes.id.

Semua memiliki hak yang sama untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Pemerintah bersama Pemda, organisasi keagamaan, pelaku usaha, organisasi sosial dll terus menghadirkan sentra-sentra vaksinasi sebagai bagian dari memperluas cakupan vaksinasi nasional guna mempercepat tercapainya herd immunity.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga telah secara resmi menghapus aturan mengenai pelaksanaan vaksinasi gotong royong berbayar individu dengan menerbitkan ketentuan PMK Nomor 23 Tahun 2021. Dengan ditiadakannya aturan tersebut, maka mekanisme vaksinasi COVID-19 sama seperti sebelumnya yakni diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat.

Terkait dengan pasokan vaksin ke daerah, masyarakat kini bisa memantau stok vaksin di daerahnya melalui website vaksin.kemkes.go.id melalui menu stock vaksin. Dalam menu ini, masyarakat bisa mengontrol stok vaksin baik di level provinsi maupun kabupaten/kota secara real-time.



Infografis Terkait