Lihat Semua : infografis

Jaga Imun Tubuh Saat Puasa


Dipublikasikan pada 25 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 367


Indonesiabaik.id - Saat puasa, sistem kekebalan tubuh mungkin akan menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Hal ini membuat tubuh akan terasa lemas dan tidak bersemangat. Apalagi, saat ini Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19 yang membutuhkan imunitas untuk melawan virus.

Tips Jaga Imun Saat Puasa

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang pertama adalah dengan memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh. Daya tahan tubuh rentan menjadi lemah saat puasa karena kamu hanya makan dua kali sehari, yaitu pada saat sahur dan berbuka.

Memenuhi asupan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C dan zinc sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap sehat. Selain itu, tetap untuk menjaga asupan makanan dan minuman yang berkualitas, hindari makanan tinggi lemak saat berbuka puasa dan kurangi konsumsi gula.

Perbanyak ibadah dan doa untuk menjaga kondisi mental, serta tetap rutin berolahraga. Jangan lupa untuk perbanyak istirahat yang baik untuk tubuh serta jika tiba gilirannya, lakukan vaksinasi COVID-19, karena vaksinasi dengan injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa.



Infografis Terkait