Lihat Semua : infografis

Jaga Kedaulatan Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 2.111


Indonesiabaik.id - Pemerintah terus melakukan kerja nyata mewujudkan kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan. Salah satu tolak ukurnya Capaian Kinerja 2017 KKP dalam penanganan berbagai kegiatan ilegal melalui program anti Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF).

Salah satu capaian pritoritas tahun 2017 adalah penangkapan kapal-kapal pelaku illegal fishing. Selama tahun 2017, Ditjen PSDKP melalui 34 armada Kapal Pengawas Perikanan telah berhasil melakukan pemeriksaan terhadap 3.727 kapal perikanan di laut. Dari jumlah tersebut, 132 kapal ditangkap karena terdapat bukti yang cukup telah melakukan illegal fishing, yang diantaranya 85 merupakan kapal perikanan asing (KIA), dan 47 kapal lainnya merupakan kapal perikanan Indonesia (KII). Sejumlah kapal asing yang ditangkap tersebut didominasi oleh kapal berbendera Vietnam sebanyak 68 kapal, Filipina sebanyak 5 kapal, Malaysia sebanyak 11 kapal, dan Timor Leste sebanyak 1 kapal.

Selain penangkapan kapal-kapal ilegal, Ditjen PSDKP juga berhasil menangani berbagai kasus kelautan dan perikanan lainnya, di antaranya penanganan penambangan pasir laut/timah, pencemaran perairan, pengawasan konservasi, destructive fishing, pemanfaatan jenis ikan yang dilindungi, pengrusakan terumbu karang, dan pemanfaatan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT).

Sementara itu dalam hal penenggelaman kapal pelaku illegal fishing, Ditjen PSDKP bersama-sama dengan TNI AL dan POLRI melalui koordinasi Satgas 115 pada tahun 2017 telah menenggelamkan sebanyak 127 kapal, dengan rincian 90 kapal Vietnam, 19 kapal Filipina, 13 kapal Malaysia, 1 kapal Thailand, dan 4 kapal Indonesia.



Infografis Terkait