Lihat Semua : infografis

Jalan Tol Bali Mandara, Tol Atas Air Terpanjang di Indonesia


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Alfin Ardian /   View : 485


Indonesiabaik.id - Saat ini pembangunan jalan tol di Indonesia kian diperluas untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan mobilitas. Namun, tahukah kamu bahwa ada jalan tol yang mendapatkan julukan sebagai jalan tol terpanjang di atas air?

Jalan Tol Bali- Mandara

Jalan tol atas air pertama di Indonesia ada di Pulau Dewata yang dikenal dengan Jalan Tol Bali Mandara. Jalan Tol Bali Mandara dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk yang melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan "Maju, Aman, Damai dan Sejahtera" dan mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 Km yang dibangun di Pulau Bali telah diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013 lalu. Jalan tol ini dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan yang menghubungkan segitiga emas antara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan tol ini sekaligus menjadi pelengkap akses jaringan jalan di Pulau Bali sehingga mempermudah akses ke pelabuhan maupun kawasan wisata lainnya. Bukan hanya itu, uniknya pada Jalan Tol Bali Mandara sendiri manjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor.

Masuk Jadi 5 Jalan Tol Atas Air terpanjang di Dunia

Jalan Tol Bali Mandara ini juga masuk ke dalam lima besar tol atas air terpanjang di dunia setelah Jiaozhou Bay di China (42 km), Lake Pontchartrain Causeway di Amerika Serikat (38,4 km), Chesapeake Bay di Amerika Serikat (24,01 km), dan Tol Penang - Malaysia (24 km).



Infografis Terkait