Lihat Semua : infografis

Jangan Sembarangan Buang Masker Sekali Pakai


Dipublikasikan pada 10 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 3.291


Indonesiabaik.idMemakai masker merupakan langkah penting untuk mencegah penularan Covid-19. Sayangnya, pemakaian masker ini juga menimbulkan masalah lingkungan. Selain itu, setiap masker punya potensi untuk menularkan bahaya infeksi, termasuk virus corona.

Bahaya Limbah Masker

Virus corona bisa bertahan selama beberapa hari di permukaan limbah medis. Untuk itu, diperlukan proses desinfeksi terhadap limbah medis seperti masker untuk mencegahnya menular ke orang lain.

Masker hasil isolasi mandiri pasien COVID-19 sebaiknya dikumpulkan dan dikelola secara khusus sebagai limbah medis baik itu pihak ketiga atau dari puskesmas. Selain menjadi sampah lingkungan, membuang masker juga harus hati-hati. Pasalnya, membuang masker sembarangan bisa menimbulkan risiko kontaminasi silang atau bahaya bioogis.

Cara Membuang Masker Sekali Pakai

Tidak hanya memakainya dengan benar, masker juga harus dibuang dengan cara yang tepat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk membuang ke tempat sampah segera setelah digunakan dan tidak menggunakannya kembali.

Berikut  cara membuang masker sekali pakai:

  1. Lepas masker melalui tali belakang
  2. Lipat masker
  3. Semprot menggunakan disinfektan
  4. Gunting masker menjadi beberapa bagian
  5. Buang ke tempat sampah yang tertutup
  6. Cuci tangan menggunakan sabun setelah membuang masker



Infografis Terkait