Lihat Semua : infografis

Jangan Terlambat, Simak Jadwal dan Tahapan SNMPTN 2019


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 785


Indonesiabaik.id - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan pembukaan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) telah dibuka pada 4 Februari 2019 lalu. SNMPTN merupakan salah satu jalan bagi anak-anak Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Mulanya, pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Sisa (PDSS) telah dibuka pada 4 hingga 25 Januari 2019 lalu. Sekolah wajib mengisi PDSS. Nantinya, sekolah akan menyerahkan NISN dan password kepada siswa untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2019 hingga 14 Februari 2019. Sementara pengumumannya akan disampaikan pada 23 Maret mendatang.

Lalu, apa saja tahapan dalam SNMPTN 2019? Pertama, peserta SNMPTN harus login ke http://web.snmptn.ac.id. Kemudian, setelah login peserta harus memasukkan NISN dan password login untuk mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Tidak hanya itu, siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Terakhir, siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.



Infografis Terkait