Lihat Semua : infografis

JUJUR Saat Skrining Vaksinasi Yaa..


Dipublikasikan pada 10 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 3.193


indonesiabaik.id - Kejujuran saat proses skrining vaksinasi dinilai penting demi mengurangi penerima dari risiko yang lebih besar usai vaksinasi sebagaimana kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Pentingnya Proses Skrining

Tahap skrining pada saat sebelum penyuntikan vaksinasi berguna untuk mengetahui riwayat penyakit calon penerima vaksin karena ada beberapa penyakit yang penderitanya tidak boleh menerima vaksin di tahap awal ini.

Dengan jujur saat skrining, maka dokter bisa menentukan aman-tidaknya vaksinasi, serta menekan risiko efek samping berat atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) serius, termasuk pembekuan darah dll.

Cegah Kejadian Tidak Diinginkan

Meski menurut data laporan KIPI serius yang muncul kurang dari 1 persen, sikap terbuka dan menjawab jujur ketika hendak disuntik vaksin COVID-19 amat penting untuk mendeteksi dan menekan potensi KIPI serius.

Pertanyaan seputar riwayat penyakit diberikan sebelum calon penerima vaksin disuntik. Di tahap pemeriksaan ini, calon penerima bisa menyampaikan keluhan dan gejala yang dirasakan. Jika hasil pemeriksaan dokter menyatakan aman, maka vaksinasi akan dilakukan.



Infografis Terkait