Lihat Semua : infografis

Jumlah Pemudik Terus Meningkat


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Arlyta Dwi Anggraini / Desain : Bontor Paolo /   View : 1.224


Indonesiabaik.id - Tradisi mudik telah mengakar dalam budaya masyarakat Indonesia. Pada saat lebaran, masyarakat di berbagai kota seakan hijrah ke kampung halaman mereka demi merayakan Hari Raya Idul Fitri Bersama keluarga. Dari berbagai jalur seperti jalur laut dan udara, jalur darat menjadi jalur yang paling dinikmati oleh pemudik.

Jumlah pemudik yang melaksanakan aktivitas pulang ke kampung halaman kian meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2014, jumlah pemudik sebanyak 23,09 juta jiwa. Meningkat di tahun 2015 menjadi 23,40 juta jiwa. Di tahun 2016 terjadi peningkatan pemudik yang cukup tinggi yaitu sebanyak 23,50 juta jiwa. Terjadi peningkatan lagi di tahun 2017 sebanyak 26,36 juta jiwa. Pada tahun 2018 terjadi peningktan yang cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak  28,99 juta jiwa.

Banyak daerah yang menjadi tujuan para pemudik. Urutan dari tahun sebelumnya, daerah yang menjadi tujuan para pemudik yaitu, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.



Infografis Terkait