Lihat Semua : infografis

Jumlah Pengguna Smartphone di Indonesia #18


Dipublikasikan pada 6 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Abror Fauzi / Desain : Bontor Paolo /   View : 11.556


Indonesiabaik.id - Perkembangan teknologi menjadikan kebutuhan akan penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mobile seperti smartphone menjadi sangat tinggi. Berdasarkan kegunaannya, smartphone atau telepon pintar saat tidak terhubung dengan internet, individu menggunakannya untuk keperluan komunkasi atau 95,68 persen dari 6.250 responden pemilih mengatakan demikian.

Sama halnya jika dilihat berdasarkan aktivitas pengguanaan saat tidak terhubung dengan internet. Aktivitas paling tinggi yang dilakukan adalah telepon dan sms, presentase melebihi 90 persen. Sisanya dilakukan untuk melakukan atau melihat foto dan video, mendengarkan music, bermain game, membaca e-book dan aktivitas lainnya.

Sama halnya dengan penggunaan smartphone tidak terhubung dengan internet, penggunaan smartphone saat terhubung internet proporsi tertinggi ada pada komunikasi, sebesar 93,46 persen. Disusul dengan keperluan pencarian informasi dan hiburan dengan porsi diatas 65 persen. Sisanya untuk belajar dan bekerja.

Karena smartphone merupakan ponsel pintar yang tidak hanya memiliki kemampuan komunkasi teks dan suara, tapi juga ada data dan internet, karena itu penggunaan paling tinggi ada pada komunkasi melalui internet, yakni sekitar 81,90 persen, dibawahnya ada web browsing dan bermain game. Sisanya untuk streaming video, music atau radio dan yang paling rendah menggunakan aplikasi pengolahan dokumen, hanya 13,12 persen.



Infografis Terkait