Lihat Semua : infografis

Kapal Rumah Sakit Milik Indonesia


Dipublikasikan pada 24 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 328


indonesiabaik.id - TNI-AL kembali menambah karya anak bangsa berupa kapal rumah sakit baru, bernama KRI dr Radjiman Wedyodiningrat.

Kini Punya 3 KRI

Dengan hadirnya KRI dr Radjiman Wedyodiningrat, TNI AL kini memiliki tiga kapal jenis BRS. Sebelumnya,TNI AL sudah punya KRI dr Soeharso-990 dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991.

Keberadaan kapal rumah sakit ini, selain untuk mendukung operasi laut, juga bermanfaat untuk pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Spesifikasi KRI Radjiman Wedyodiningrat

Adapun penggunaan nama Radjiman Wedyodiningrat, diberikan atas dasar pertimbangan seorang dokter yang mendapat gelar pahlawan nasional dan salah satu tokoh pendiri Republik Indonesia.

Kapal ini mempunyai panjang kurang lebih sekitar 124 meter. Dengan bobot berat 7.300 ton, kapal mampu melaju dengan kecepatan 18 knot.

Sementara kapasitasnya mampu membawa 163 anak buah kapal (ABK), pilot dan kru helikopter 18 orang, tamu VVIP 1 orang, staf medis 66 orang, pasien 158 orang, dan sukarelawan 280 orang. Kapal ini juga mampu bertahan selama 30 hari di laut dengan kemampuan muat material 3 unit helikopter.



Infografis Terkait