Lihat Semua : infografis

Kapan Musim Buah di Indonesia?


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 686


Indonesiabaik.id - Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satu hasil alam yang dapat dengan mudah dinikmati adalah buah-buahan. Sepanjang tahun, Indonesia dianugerahi oleh musim buah yang datang secara bergantian.

Kapan Musim Buah di Indonesia?

Mengutip data Litbang Kementerian Pertanian, berikut jadwal musim buah-buahan di Indonesia:

  1. Januari – Maret

Selama tiga bulan di awal tahun, buah favorit masyarakat Indonesia yang sudah bisa dipanen adalah durian, rambutan, alpukat, manggis, sawo, kedondong, salak, jambu biji, jeruk nipis, duku, dan jeruk Bali. Maret juga menjadi awal musim panen dari sirsak. Buah ini akan terus berbuah hingga Desember mendatang.

  1. April – Juni

Selama bulan April hingga Juni, hanya buah kesemek dan jeruk manis berbuah pada periode ini. Buah lainnya seperti salak, jeruk nipis, duku, dan jeruk Bali. Beberapa ada yang tetap dipanen, tapi berbuah sedikit seperti kedondong, jambu biji, jeruk Bali, dan jambu air.

  1. Juli – September

Ada tujuh jenis buah yang berbuah lebat pada periode ini. Semuanya tampak menggiurkan, yakni kesemek, jeruk manis, belimbing, melon, jambu mete, jambu bol, dan mangga. Hingga Desember, jambu air, jeruk bali, jambu biji, dan kedondong masih terus berbuah, meski sedikit.

  1. Oktober – Desember

Rentang bulan Oktober hingga Desember adalah surganya para pecinta buah durian. Ini karena, buah durian sudah memasuki musim panen dan kuantitas serta kualitas durian yang dihasilkan sedang pada titik terbaik. Selain durian, jenis buah lain yang akan terus berbuah hingga periode awal, antara lain manggis, rambutan, alpukat, sawo, dan jeruk Bali.



Infografis Terkait