Lihat Semua : infografis

Kapan Waktu Tepat Minum Kopi?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 8.161


Indonesiabaik.id - Dilihat dari sisi medis, minum kopi di pagi hari justru tidak bagus untuk metabolisme tubuh. Minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein sebaiknya disesuaikan dengan ritme sirkadian atau jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol).

Kapan Waktu Tepat Minum Kopi?

Kopi baiknya dikonsumsi saat produksi hormon kortisol rendah, sedangkan pagi hari biasanya hormon ini berada pada puncaknya. Hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan.

Biasanya, kadar kortisol naik pada pukul: 08.00-09.00 pagi. Kemudian, 12.00-13.00 siang dan terakhir 17.30-18.30 sore. Untuk itu, ada baiknya tahan diri agar tidak langsung minum kopi setelah bangun tidur. Pukul 09.30 -11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam tubuh menurun. 

Selain itu, minum kopi sebelum berolahraga ternyata juga punya manfaat. Efeknya, bisa mengangkat beban lebih berat atau berlari lebih cepat. Sebaiknya, konsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga untuk mendapat hasil dan energi yang maksimal.

Efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan agar berhenti mengkonsumsi kopi di sore hari. Terakhir, kopi atau minuman berkafein lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan dengan jam makan.



Infografis Terkait