Lihat Semua : infografis

'Kartu' Ucapan Lebaran Mana yang Jadi Pilihanmu?


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 193


Indonesiabaik.id - Menjelang lebaran, tidak hanya makanan atau kue kering yang banyak dikirimkan. Namun, ucapan lebaran juga selalu jadi pilihan. Di era digital, kartu Lebaran tinggal kenangan, mengirimkan SMS kini beralih melalui aplikasi percakapan. 

Perkembangan Kartu Lebaran Dulu Hingga Sekarang

  1. Kartu Lebaran

Jauh sebelum ponsel dan media sosial ditemukan, komunikasi jarak jauh dilakukan dengan mengirim surat. Demikian pula ketika ingin mengirim ucapan Lebaran yang dikirim berbentuk kartu. Tidak jarang, kartu itu dihias dan ditulis sedemikian rupa agar nampak lebih indah.

 

  1. SMS

Kemudian, di era yang lebih canggih, ketika penggunaan ponsel sudah mulai marak, pesan singkat atau SMS dimanfaatkan untuk memberi ucapan Lebaran. SMS memungkinkan kita mengirim pesan teks pada keluarga atau kerabat tanpa harus mengirimkan melalui POS atau pengiriman surat lainnya.

 

  1. BBM/ BlackBerry Messenger

Ada pula era BlackBerry Messenger. Kita bisa mengirim pesan ke seluruh kontak BBM secara bersamaan atau broadcast messege. Ucapan Lebaran pun jadi lebih praktis dengan fitur ini

 

  1. Facebook

Setelah Facebook merambah pasar Indonesia, ucapan Lebaran pun beralih ke medium ini. Kita bisa mengunggah ucapan Lebaran, baik dengan menandai orang-orang tertentu atau mengirimnya di grup Facebook. Ucapan Lebaran bisa disertai dengan gambar, foto, video atau hanya berupa pesan saja.

 

  1. Whatsapp

Aplikasi pesan yang masih sering digunakan saat ini adalah WhasApp. Bahkan, hingga saat ini, WhatsApp masih jadi pilihan untuk mengirim ucapan Lebaran lewat pesan bukan hanya tulisan tetapi juga gambar dan berbagi cerita/story.

 

  1. Instagram

Media sosial Instagram bisa dijadikan tempat untuk menyebarkan foto dan gambar. Ucapan Lebaran pun bisa disampaikan di Instagram, dengan mengunggah foto bersama keluarga atau gambar kartu Lebaran virtual kepada semua orang yang mengikuti Instagram kita.



Infografis Terkait