Lihat Semua : infografis

Kenalan Yuk! Canggihnya Fitur TV Digital


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Titania Nurrahim / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 711


Indonesiabaik.id - Siaran TV di Indonesia sedang dalam masa peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital. TV analog akan benar-benar mati pada 2 November 2022. Masyarakat dihimbau untuk segera beralih menonton ke siaran TV digital sebelum siaran analog benar-benar tidak bisa di tonton lagi. Masyarakat tak perlu khawatir karena TV digital menawarkan banyak hal-hal yang bisa didapatkan.

 

Kecanggihan Fitur TV Digital

TV digital akan menyajikan tayangan yang lebih stabil dengan gambar yang bersih, suara yang jernih serta teknologi yang canggih. TV digital dikenal dengan teknologinya yang canggih, salah satunya sinyal yang ditangkap TV digital lebih stabil. TV digital akan menangkap satu sinyal saja, jika tidak on (tertangkap) ya maka off (ada gangguan).

 

Teknologi DVB-T2

TV digital dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital yaitu sistem Digital Video Broadcast Terestrial 2nd Generation.

 

Electronic Program Guide (EPG)

Fitur Electronic Program Guide (EPG) pada TV digital ini berupa jadwal siaran interaktif yang diterima oleh Set Top Box (STB) ataupun TV, yang menampilkan jadwal acara, jam dan deskripsi siaran televisi secara realtime.

 

Parental Lock

Parental lock adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan pemirsa kemampuan untuk menghilangkan akses jika usia pemirsa dibawah batasan usia program acara. Ini untuk melindungi khususnya anak-anak dari program-program yang belum layak ditonton untuk usia mereka.

 

Peringatan Dini Bencana

Fitur Peringatan Dini Bencana (EWS/ Early Warning System) pada TV digital berupa pesan pop-up yang dapat diterima oleh pengguna TV digital. Fitur ini diharapkan dapat mencegah banyaknya kerugian dari sebuah bencana.



Infografis Terkait