Lihat Semua : infografis

Kenali Istilah Mutasi, Varian dan Strain Virus Covid-19


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 1.660


Indonesiabaik.id - Virus corona B117 yang baru saja masuk ke Indonesia tengah ramai diperbincangkan. Bahkan, akhir-akhir ini sering mendengar istilah mutasi, varian, ataupun strain virus. Apa sih itu?

Istilah Baru Covid-19

Juru Bicara Penanganan COVID-19 menjelaskan, istilah "varian", "mutasi", dan "strain" yang banyak digunakan oleh masyarakat atau media, ternyata memiliki arti yang berbeda. Intinya, mutasi virus atau varian baru virus adalah hal yang lazim ditemui dalam masa pandemi.

Mutasi sendiri adalah proses karena adanya kesalahan saat memperbanyak diri dan virus anakan tidak sama dengan induk virus (parental strain). Selain itu, tujuan virus bermutasi adalah agar mereka dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

Sedangkan yang dimaksud dengan Varian adalah virus baru hasil mutasi dan strain Virus adalah varian virus yang menunjukkan sifat fisik yang baik dan jelas, maupun sama serta berbeda dengan virus aslinya.

Oleh karena itu, cara menghambat persebarannya sama dengan yang sudah dilakukan selama ini: protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta Mencuci tangan pakai sabun).



Infografis Terkait