Lihat Semua : infografis

Kepuasaan Jemaah Haji Indonesia Terus Meningkat

Dipublikasikan pada one year ago / Riset, Siap Bangun Negara / Desain, Oktanti Putri Hapsari /   View : 363


Indonesiabaik.id - Tahukah kamu jika Survey Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (SKJHI) telah dilaksanakan sejak tahun 2010? Ya, survey ini dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan jemaah haji pada berbagai jenis pelayanan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia pada setiap musim penyelenggaraan ibadah haji. Survey ini sendiri dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Nah, berdasarkan survey yang dilakukan selama musim haji tahun 1439H/2018M didapatkan hasil 85,23 dalam kategori sangat memuaskan. Ada kenaikan cukup signifikan hasil survey kepuasan jemaah haji Indonesia dari tahun lalu yang berada pada angka 84,85.

Bila dirinci menurut jenis pelayanan, indeks kepuasan tertinggi terdapat pada pelayanan transportasi bus antarkota, yaitu sebesar 88,25. Kemudian berturut-turut adalah pelayanan bus sholawat (87,72), pelayanan petugas (87,38), pelayanan ibadah (87,12), pelayanan katering non-Armina (86,91). Lalu pelayanan akomodasi hotel (86,02), pelayanan lain-lain (85,61), pelayanan katering di Armina (84,38), pelayanan transportasi bus Armina (81,09), dan pelayanan tenda di Armina (77,59).

Berdasarkan pemaparan Kemenag, sesuai lokasi tempat pelayanan, indeks kepuasan jemaah tertinggi terdapat pada pelayanan yang dilakukan selama di bandara, yaitu sebesar 89,01. Berikutnya secara berturut-turut pelayanan di Makkah (87,34), pelayanan di Madinah (85,73), dan pelayanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina atau Armuzna (82,60).



Infografis Terkait