Lihat Semua : infografis

Kontribusi Anak Muda, Indonesia Luncurkan Aplikasi "Bersatu Lawan Corona"


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.406


Indonesiabaik.id   -   Pemerintah, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID – 19 meluncurkan aplikasi berbasis gawai Bersatu Lawan COVID (BLC) pada Minggu (3/5).

BLC, aplikasi untuk menyikapi dan merespons Coronavirus disease 2019 atau COVID – 19. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk mengenali ancaman maupun bahaya COVID - 19 sehingga mereka dapat juga mengurangi risiko yang lebih besar. 

 Dalam isinya, BLC memiliki beberapa fitur fungsi, yakni untuk masyarakat maupun pertugas penanganan. Dengan tampilan secara spasial, sebaran COVID – 19 dapat dilihat secara mudah sehingga mereka dapat membangun kewaspadaan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan masyarakat akan mudah mendeteksi gejala COVID – 19. Apabila masyarakat merasakan gejala yang dikenali, ini membantu untuk mempercepat konsultasi dan pemeriksaan diri oleh tenaga kesehatan pada tahap awal.

Menurut para pembuat aplikasi ini, masyarakat dapat menggunakan fitur periksa gejala mandiri untuk mengetahui status kesehatan, pemantauan isolasi diri, telekonsultasi, mengetahui kerawanan daerah dan edukasi harian.

Selain masyarakat, aplikasi ini dapat digunakan oleh petugas kesehatan. Mereka dapat melihat perkembangan pasien, fitur pemeriksaan rapid diagnostic test atau RDT dan data riwayat medis pasien. 

Pasalnya, sistem aplikasi ini dikembangkan oleh kementerian, institusi dan pihak lain di bawah koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID – 19. Pengembangannya pun dilatarbelakangi tekad untuk merangkul seluruh lapisan masyarakat. Berbagai komponen tersebut telah bahu membahu untuk menanggulangi COVID – 19. Aplikasi dapat diunduh di Playstore secara gratis.



Infografis Terkait