Lihat Semua : infografis

Kriteria Akhiri Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Tes


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 3.806


Indonesiabaik.id   -   Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menerbitkan pedoman sementara yang diperbarui tentang manajemen klinis Covid-19 dan rekomendasi untuk mengeluarkan pasien dari isolasi.  Dikutip dari laman resmi WHO, kriteria yang diperbarui itu mencerminkan sejumlah temuan baru-baru ini bahwa pasien yang gejalanya telah sembuh mungkin masih menunjukkan hasil positif saat dites swab selama beberapa minggu.

Kriteria Lama

Dari rekomendasi awal WHO mengharuskan pasien untuk pulih secara klinis dan memiliki dua hasil tes swab negatif dari sampel berurutan yang diambil setidaknya 24 jam terpisah. Dalam konsultasi dengan pakar global dan negara anggota, WHO mengatakan bahwa rekomendasi awal menimbulkan beberapa tantangan. 

Isolasi untuk pasien dengan deteksi RNA virus yang berkepanjangan setelah gejala hilang bisa terlalu lama. Kondisi itu dinilai akan memengaruhi psikologis pasien, masyarakat, dan akses ke perawatan kesehatan.

Kriteria Baru

Dalam pedoman sementara yang diperbarui pada 27 Mei 2020 itu, disebutkan bahwa kriteria tersebut berlaku untuk semua kasus Covid-19, terlepas dari lokasi isolasi dan tingkat keparahan penyakit. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Untuk pasien dengan gejala: dapat pulang setelah 10 hari gejala tersebut muncul, ditambah setidaknya tambahan 3 hari tanpa gejala (termasuk tanpa demam dan masalah pernapasan).

  2. Untuk pasien tanpa gejala: dapat pulang setelah 10 hari tes menunjukkan positif SARS-CoV-2 

Sebagai contoh, jika pasien memiliki gejala selama dua hari, maka pasien tersebut dapat dipulangkan setelah 10+3 = 13 hari dari gejala tersebut muncul. Sementara jika pasien memiliki gejala selama 14 hari, maka pasien dapat dipulangkan setelah 14 + 3 = 17 hari setelah gejala muncul. 

Lebih lanjut, jika pasien memiliki gejala selama 30 hari, maka ia dapat dipulangkan setelah 30+3 = 33 hari setelah gejala muncul. Menurut WHO, pasien Covid-19 bisa dikeluarkan dari isolasi rumah sakit bisa tanpa memerlukan pengujian ulang dengan ketentuan di atas. 



Infografis Terkait