Lihat Semua : infografis

KTT G20 Bali Hasilkan "Bali Leaders’ Declaration 2022"


Dipublikasikan pada 17 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 2.251


indonesiabaik.id - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia 2022 di Bali telah berhasil mengesahkan deklarasi para pemimpin (leaders declaration).

Bali Leaders’ Declaration 2022

Adapun Bali Leaders’ Declaration 2022 memuat 52 poin pernyataan serta berbagai komunike dan dokumen hasil pembahasan seluruh engagement groups G20.

Sebagai presiden G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam dan sangat lebar di antara delegasi G20.

Beberapa kepala negara G20 akhirnya menyepakati antara lain perlunya menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral, menangani krisis ekonomi termasuk melalui kerja sama kebijakan makro internasional, mengupayakan ketahanan pangan dan energi, serta mengadopsi teknologi digital untuk mendorong inovasi.

Para pemimpin G20 juga menyerukan, komitmen bersama untuk mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), mengatasi perubahan iklim, dan memperkuat sektor kesehatan.

Selain itu, para pemimpin menyambut baik upaya Indonesia dalam menyusun berbagai isu prioritas dan kerja sama internasional yang terkoordinasi dari negara anggota, negara undangan, serta organisasi regional dan internasional.



Infografis Terkait