Lihat Semua : infografis

Langkah Pencegahan Virus Corona di Indonesia


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 648


Indonesiabaik.id   -   Virus yang mirip Server Acute Respiratory Syndrome (SARS) telah menyebar ke 26 negara dunia di luar China. Hingga Minggu, 2 Februari 2020 jumlah korban virus corona mencapai 304 orang dan menginfeksi 14.543 kasus. 

Upaya Pencegahan

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Indonesia melakukan beberapa langkah-langkah untuk mencegah virus mematikan itu masuk ke Indonesia. Upaya-upaya itu seperti:

  1. Thermo Scanner 

Pemerintah telah mengaktifkan 135 unit Thermo Scanner di pintu-pintu kedatangan internasional di berbagai bandara yang memungkinkan warga asing masuk ke Indonesia. Dengan alat Thermo Scanner tersebut, petugas dapat mengetahui tingkat suhu tubuh seseorang. Tidak hanya itu, sejumlah mekanisme pemeriksaan juga telah disiapkan dan akan dikenakan pada setiap pendatang yang tiba di Indonesia.

  1. Larangan terbang 

Upaya pencegahan kedua adalah pelarangan penerbangan 2 maskapai Indonesia, yakni Lion Air dan Sriwijaya Air, dengan tujuan Wuhan, Provinsi Hubei, China yang menjadi pusat persebaran wabah infeksi. 

  1. Evakuasi WNI 

Langkah selanjutnya yang ditempuh Pemerintah Indonesia untuk melindungi warganya dari infeksi virus yang sejauh ini sudah memakan lebih dari 200 jiwa di China ini adalah dengan cara melakukan evakuasi WNI yang berada di wilayah krisis. Wilayah krisis yang dimaksud adalah kota Wuhan dan sekitarnya. Hingga Minggu, 2 Februari 2020 Pemerintah telah berhasil mengevakuasi 238 ribu WNI yang kini tengah menjalani observasi kesehatan selama 14 hari di wilayah Natuna, Kepulauan Riau.

  1. Kapsul Evakuasi 

Terakhir, Kementerian Kesehatan mengaktifkan 21 Kapsul Evakuasi di beberapa bandara internasional untuk bersiaga dan mengantisipasi persebaran virus yang mungkin saja dibawa oleh penumpang yang datang. Siapapun yang terdeteksi memiliki tanda-tanda atau gejala yang mengarah pada infeksi corona maka akan dievakuasi ke kapsul tersebut. 



Infografis Terkait