Lihat Semua : infografis

Makna Logo Hari Sumpah Pemuda 2023


Dipublikasikan pada 29 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 1.018


Indonesiabaik.id - Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Setiap tahunnya, momen bersejarah ini diperingati pada tanggal 28 Oktober. Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda memasuki peringatan ke-95. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemerintah, termasuk merilis tema serta logo yang digunakan.

Tema Sumpah Pemuda

Setiap tahunnya, pemerintah mengusung tema yang berbeda untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada perayaan yang ke-95 ini, pemerintah mengusung tema Bersama Majukan Indonesia, yang memiliki makna dan tujuan yaitu:

  1. Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
  2. Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.
  3. Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Logo dan Maknanya

Selain tema, Pemerintah juga telah merilis logo yang digunakan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini. Logo Hari Sumpah tahun 2023 menggambarkan beberapa orang yang membentuk lingkaran menunjukkan semangat kolaboratif dalam orkestrasi. Selain itu, pada logo tersebut tercantum tema Hari Sumpah Pemuda 2023 dengan slogan "95 Tahun Sumpah Pemuda Bersama Majukan Indonesia".

Berikut makna logo Hari Sumpah Pemuda 2023:

  1. RationaleLogo: Masing-masing bentuk merupakan stilasi 4 manusia yang mensimbolkan kolaborasi
  2. Ragam warna menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya dengan heterogenitas sebagai dasar kekuatan.
  3. Beberapa orang yang membentuk lingkaran

Menunjukkan semangat kolaboratif dalam orkestrasi “Bersama Majukan Indonesia”s



Infografis Terkait