Lihat Semua : infografis

Manfaat Buah dan Sayur dari Warnanya


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 1.746


indonesiabaik.id - Taukah SohIB, kita dianjurkan untuk makan sayur dan buah beraneka warna untuk dapatkan zat gizi yang beragam, sebab berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit.

5 Warna Sayuran dan Buah

  • Merah

Biasanya, buah dan sayur yang kaya akan warna merah kaya dengan flavanoid, resveratrol, dan vitamin C. Adapun para peneliti mengatakan, semakin gelap warna makanan, semakin tinggi pula tingkat antioksidannya. Maka tak heran bila buah berwarna ungu, seperti anggur, plum, dan blackberry, memiliki manfaat penyembuhan dan antiradikal bebas.

  • Biru/Ungu

Buah yang memiliki warna semakin gelap, maka semakin banyak kandungannya. Pigmen tersebut memiliki antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

  • Kuning/Oranye

Buah dan sayur yang berwarna kuning/oranye menyimpan beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia. Vitamin ini tidak hanya untuk meningkatkan penglihatan saja, tapi ternyata dapat memengaruhi kulit, gigi, dan tulang.

  • Hijau

Buah dan sayur yang kaya akan warna hijau berguna membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, klorofil mempercepat proses penyembuhan pada luka dan melancarkan proses detoksifikasi tubuh atau pembersihan racun dalam tubuh.

  • Putih/Bening

Buah dan sayuran yang berwarna putih memiliki kandungan lignin yang baik. Zat ini merupakan serat yang berperan dalam melancarkan pencernaan. Kandungannya juga berguna mencegah penyakit kolesterol dan hipertensi.



Infografis Terkait