Manfaat Penting Garam Bagi Industri

Manfaat Penting Garam Bagi Industri

Arlyta Dwi Anggraini, Bontor Paolo

9 months ago

Indonesiabaik.id - Industri merupakan sektor yang mendominasi penggunaan garam sebagai bahan baku proses produksinya, sementara sisanya adalah untuk konsumsi rumah tangga. Hingga saat ini kekurangan pasokan garam untuk industri masih mengandalkan impor, selain karena pasokan yang stabil, kualitas garam impor juga sesuai spesifikasi garam industri.

Banyaak manfaat penting dari garam industri, yaitu sebagai bahan baku industri Chlor Alkali Plant (CAP), Ethylene Dichloride (EDC), Resin Polivinil Klorida (PVC). Selain itu garam industri juga bermanfaat sebagai bahan pemutih (soda kostik) pada industri kertas, bahan baku industri farmasi dan kosmetik untuk cairan infus, cairan cuci ginjal, pure analysis, health care.

Bahan pada pengeboran minyak untuk penguatan struktur dan pembuatan uap juga merupakan salah satu manfaat dari garam industri. Manfaat lainnya yaitu, sebagai bahan baku pada industri pangan untuk seasoning, food dan nugget, biskuit. Sebagai bahan water treatment untuk pelunakan air boiler, sebagai bahan pada industri penyamakan kulit, tekstil, resin, dan lain-lain. Garam industri juga bermanfaat untuk konsumsi langsung manusia (2,3 – 3 Kg/kapita).



    Tag :
  • Manfaat Penting Garam Bagi Industri

Infografis Terkait