Lihat Semua : infografis

Mari Patuhi Lalu Lintas, Keselamatan No. 1


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 5.509


Indonesiabaik.id - Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian nomor 2 terbesar di dunia. Oleh karenanya dalam sebuah acara kampanye keselamatan berlalu lintas medio Agustus 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berpesan kepada masyarakat untuk mengurangi kecepatan di jalan saat berkendara karena dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Menhub juga memberikan himbauan kepada masyarakat bahwa melalui kampanye Keselamatan Jalan dengan tema Sayangi Nyawa, Kurangi Kecepatan ini jika masyarakat mengurangi kecepatan berkendara sebesar 5% maka imbasnya akan baik, karena dapat mengurangi 30% kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Kemudian disampaikan pula data kecelakaan pada tahun 2015 berdasarkan data dari Global Status Report On Road Safety yang dirilis WHO. Pada tahun 2015, kecelakaan lalu lintas pembunuh terbesar kedua di dunia. Indonesia sendiri masuk ke dalam salah satu negara dengan rasio kematian tertinggi akibat kecelakaan lalu lintas.

Karenanya jangan sekalipun meremehkan saat kita sedang berkendara di jalan. Dan yang saat ini sedang mendapat perhatian adalah kendaraan roda dua. Pasalnya, sebanyak 72 persen kecelakaan lalu lintas di Indonesia melibatkan motor. Untuk itu, Kemenhub, Polri, dan seluruh lembaga yang berkepentingan mengharapkan agar masyarakat harus lebih fokus lagi terkait keselamatan berkendara sehingga kurangi kecepatan, sayangi nyawa. Terlebih kecelakaan motor harus kita kurangi, jangan suka mengebut dan patuhi rambu lalu lintas.



Infografis Terkait