Lihat Semua : infografis

Mengenal One Time Password (OTP)


Dipublikasikan pada 18 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 440


Indonesiabaik.id - Dalam hal mencegah terjadinya kebocoran data pribadi, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk menjaga kerahasiaan One Time Password (OTP) yang terdapat di platform digital.

Apa Itu OTP?

One Time Password (OTP) kini merupakan kode rahasia yang paling sering digunakan di internet, khususnya saat bertransaksi atau melakukan aktivitas online. Kode ini merupakan langkah keamanan untuk mengakses laman atau bertransaksi melalui autentikasi dua akun atau Two-Factor-Authentication.

Karena itu, masyarakat perlu memahami bahwa OTP bersifat sangat rahasia dan tidak boleh dibagikan ke orang lain agar tidak terjadi peretasan akun. Kemudian, cara kerja OTP adalah dengan dikirimkan ke pemilik akun dalam waktu singkat melalui pesan singkat atau SMS, Whatsapp, atau email. Kode OTP adalah biasanya memiliki masa berlaku singkat, yakni rentan antara 30 detik hingga 5 menit. 

Karakteristik OTP

Terdapat empat karakteristik khusus untuk mengenalinya. Pertama, umumnya OTP berupa enam digit dan hanya sekali pakai. Kedua, enam digit tersebut biasanya berbentuk angka, karakter, atau kombinasi dari keduanya.

Ketiga, karena hanya untuk penggunaan sementara, masa berlaku OTP akan habis dalam waktu yang singkat dan bersifat rahasia. Keempat, dirancang tidak sistematis dengan tujuan untuk menjaga keamanan pengguna



Infografis Terkait